Informasi Penting

Memahami Variabel Terkait dengan Pengujian Ultrasonic

Pengujian Ultrasonic merupakan metode pengujian yang digunakan untuk mengevaluasi suatu material atau hasil las tanpa merusak material dari benda uji tersebut. Untuk menjadikan pengujian itu bisa lebih tepat dan akurat maka diperlukan setting velocity pada perangkat pengujian. Lalu apa maksud velocity itu sendiri ?

Perbedaan Velocity dan Speed

Velocity/kecepatan dan kelajuan/speed mempunyai pengertian yang berbeda, Yang seperti anda ketahui. kelajuan/speed adalah perhitungan waktu target yang berkaitan laju perubahan gerakan suatu benda dengan menempuh jarak yang ditempuh/waktu.

Velocity adalah tingkat dimana suatu object mengalami perubahan posisi atau kecepatan yang berkaitan dengan arah. Arah dari velocity adalah arah dimana objek bergerak, Nilai mutlak dari velocity adalah speed. Jika objek kembali ke titik awal maka velocity adalah nol.

Laju perubahan velocity terhadap waktu disebut dengan percepatan. Untuk mempertahankan velocity konstan maka objek melakukan perjalanan dalam kecepatan konstan dalam arah yang konstan pula.

Pengujian Ultrasonic
Novotest NDT Flaw Detector

Memahami Variabel Terkait dengan pengujian ultrasonic

Pengujian Ultrasonic ~ Kecepatan suara melalui bahan tertentu adalah jarak energi suara yang akan merambat dalam bahan itu dalam waktu tertentu dan merupakan fungsi dari kerapatan bahan, impedansi akustik bahan, dan suhu bahan.

Karena kecepatan suara relatif tinggi, ekspresi paling banyak dalam meter atau kaki per detik. Kecepatan suara gelombang geser dalam bahan tertentu biasanya setengah dari longitudinal dan sekitar 1,1 kali dari gelombang permukaan. Kecepatan spesifik ditabulasikan dalam buku pegangan dan digunakan untuk perhitungan untuk menentukan transformasi sudut.

Pengaruh suhu pada kecepatan suara biasanya tidak terlalu signifikan di sebagian besar logam tetapi harus dipertimbangkan ketika menghitung sudut dalam plastik jika digunakan sebagai irisan untuk unit pencarian gelombang geser.

Frekuensi ultrasound yang digunakan untuk pengujian biasanya antara 1Mhz, 2,5Mhz, 5Mhz, 6Mhz dan 10 MHz. Frekuensi paling umum untuk inspeksi las adalah 2,25 MHz. Elemen transduser, ketika tereksitasi, beresonansi pada frekuensi alaminya.

Frekuensi yang dihasilkan bukanlah frekuensi tunggal melainkan pita frekuensi yang relatif sempit. Dari jumlah tersebut, satu atau lebih merespons dengan amplitudo tertinggi. Frekuensi terkait dengan ketebalan elemen transduser. Frekuensi berkurang seiring dengan bertambahnya ketebalan elemen.

Properti piezoelektrik transduser dipengaruhi oleh frekuensi alami elemen dan harus dipertimbangkan untuk mendapatkan amplitudo suara maksimum. Dapat dicatat bahwa pembangkitan pulsa pita lebar biasanya efektif dan digunakan dengan peralatan portabel.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada pembahasan teori bunyi, panjang gelombang (λ) merupakan fungsi dari kecepatan (V) dan frekuensi (F):

V=λ*F

Ukuran minimum reflektor (cacat) yang diharapkan yang dapat dideteksi dengan suara ultrasonik adalah sekitar satu setengah panjang gelombang (λ/2) yang diukur dalam arah tegak lurus terhadap arah rambat suara.

Sumber Rangkuman : https://www.sciencedirect.com/ topics/ engineering/ sound-velocity

People Of ask :

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengujian ultrasonik?

Ultrasonic Test adalah Metode Non Destructive Test (NDT) menggunakan energi suara frekuensi tinggi (getaran ultrasonik) untuk melakukan proses pengujian atau proses pengukuran. Besarnya frekuensi gelombang ultrasonik yang digunakan untuk pengujian ini di atas 20 khz

Bagaimana cara kerja pada pengujian ultrasonik?

Prinsip Dasar Uji Ultrasonik Ultrasonic Testing mempunyai prinsip kerja yaitu dimana gelombang ultrasonic ini disorotkan ke permukaan bidang yang sedang di uji dengan garis lurus pada kecepatan konstan, kemudian gelombang tersebut dipantulkan lagi dari permukaan atau cacat benda uji tersebut.
sumber : blkserang. kemnaker.go.id

Sebutkan pada produksi apa saja pengujian ultrasonik digunakan?

digunakan di banyak industri termasuk konstruksi baja dan aluminium, metalurgi, manufaktur, aerospace, otomotif dan sektor transportasi lainnya. Secara umum, pengujian ultrasonik didasarkan pada penangkapan dan kuantifikasi gelombang pantul (pulse-echo) atau gelombang yang ditransmisikan (melalui transmisi)

Apa kegunaan dari pengujian ultrasonik?

Ultrasonic Test ( UT) Flaw Detector adalah alat detektor dimana Sebuah detektor cacat serta di mana objek adalah besi magnet. FLAW DETECTOR merupakan perangkat alat uji untuk pengukuran mendeteksi uji cacat pada material. Dari semua aplikasi pengujian industri, deteksi cacat adalah yang tertua dan yang paling umum. Sejak tahun 1940-an. FLAW DETECTOR di bagi menjadi 2 jenis yaitu Ultrasonik flaw detector dan Magnetic flaw detector.

Adakah Panduan umum Nilai Kecepatan Ultrasonic Pengujian ?

Perhatikan bahwa ini hanya panduan umum Tabel Nilai Kecepatan Sound Velocity Ultrasonic Thickness. Kecepatan aktual dalam bahan-bahan ini dapat bervariasi secara signifikan karena berbagai penyebab seperti komposisi atau struktur mikro tertentu, orientasi butir atau serat, porositas, dan suhu.

Tentang Bondan Sdr

Waktu Seperti Sungai tidak bisa disentuh air yang sama untuk kedua kalinya, Maka berbuatlah kebaikan dan Kejujuran selagi waktu masih ada.

Permintaan Penawaran

Segera lakukan permintaan penawaran sekarang juga untuk mendapatkan harga khusus!

    Nama Anda (wajib)

    Email (wajib)

    Nomor handphone (wajib)

    Pesan Anda / Produk yang diminta

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.