Produk terpopuler
Home » Semua Product » Electrostatic Fieldmeter » Resitivity Meter AE780 mengukur besarnya resistansi permukaan material

Resitivity Meter AE780 mengukur besarnya resistansi permukaan material

Multimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur berbagai jenis satuan elektronika dalam satu alat. Beberapa fungsi pengukuran dasar yang sering ditemukan dalam Multimeter adalah kemampuannya dalam mengukur Voltage (Tegangan), Ampere (Arus Listrik), dan Ohm (Hambatan / resistansi). Sedangkan Surface resitivity adalah resistansi atau nilai hambatan sebuah material yang memiliki penampang permukaan, resistansi permukaan ini perlu diketahui agar material-material yang dapat menghasilkan listrik statis tinggi dapat dipisahkan atau di kurangi nilai listrik statisnya. Semakin tinggi nilai surface resistivity akan semakin tinggi kemungkinan material tersebut menimbulkan listrik statis, begitu juga sebaliknya semakin rendah nilai surface resistivity suatu benda atau material akan semakin rendah kemungkinan menimbulkan listrik statis.

Surface Resitivity Meter AE780 mengukur besarnya resistansi permukaan material

Alat atau instrument yang digunakan untuk mengetahui besarnya resistansi permukaan material adalah Surface Resitivity Meter. Bisa anda lihat gambar dibawah ini, Resitivity Meter AE780 bekerja dengan cara mengeluarkan tegangan pada nilai tertentu pada dua kutupnya dan di hubungkan pada material yang akan di cek nilai surface resitivitynya, setelah itu display berupa LED bar akan ditunjukan, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Terlihat setiap LED mewakili satu nilai surface resistivity, Material dengan permukaan resistansi 10^4 kebawah jenisnya adalah conductive atau penghantar, dengan pengertian material tersebut bisa menghantarkan listrik statis. Untuk material yang memiliki resistansi permukaan 10^5 sampai dengan 10^11 adalah jenis static Dissipative, artinya material tersebut tidak bisa menghantarkan listrik statis namun juga tidak menimbukan listrik statis saat bergesekan dengan material lainya, sedangkan material dengan nilai surface resistivity 10^12 keatas adalah material insulator atau material yang tidak bisa menghantarkan listrik statis dan berpotensi menimbulkan listrik statis saat bergesekan dengan material yang lain. Baca juga product terkait ( Electrostatic Fieldmeter ).

Dari pemaparan diatas kita dapat memilah material yang akan digunakan saat berinteraksi dengan komponen yang sensitif seperti IC agar dapat menghindari kerusakan. Surface Resitivity Meter AE780 dirancang untuk digunakan dalam semua aspek produksi bahan termasuk rekayasa, perawatan, kualitas kontrol, inspeksi masuk, manufaktur, penelitian, atau departemen penjualan untuk pengujian tikar antistatis, floor finishes, cat, tali pergelangan tangan, baju luar, alas kaki, tas dan kontainer. Bila menggunakan elektroda built-in, nilai tes meter untuk resistivitas permukaan dalam ohm per square (meskipun mereka ditampilkan dalam ohm). Bila menggunakan eksternal lima elektroda pound, nilai tes meter untuk ketahanan dalam ohm.

Spesifikasi Resitivity Meter AE780:

  • Dimension: approx 70mm x 130mm x 35mm
  • Weight: approx. 103 grams
  • Power: Battery operated 9 volt
  • Connections: 2 x 3.5mm jack plug for each earth connection
  • Test Range: 103 to 1012
  • Dissipative Range: 3 x 105 to 3 x 109 1/2 Decade between each decade on a logarithmic scale
  • Example: 1 x 105 x 3.21=3 x 105 (1/2 Decade Measurement) x 3.21=1×106
  • Method of Measurement:
    • Surface Resistivity (Ohms per square)
    • Point to Point Resistance (Ohms)
    • Accuracy:- +/- 0.5 Decade in Conductive Range
    • +/- 0.25 Decade in Dissipative Range

Tentang Bondan Sdr

Waktu Seperti Sungai tidak bisa disentuh air yang sama untuk kedua kalinya, Maka berbuatlah kebaikan dan Kejujuran selagi waktu masih ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *