Produk terpopuler
Home » Article » Memahami Air Keras atau Air Sadah

Memahami Air Keras atau Air Sadah

Memahami Air Keras atau Air Sadah

Kegunaan air sangat menentukan kehidupan manusia yang tentunya sebagai air minum sehari-hari selain itu dalam proses produksi sangat banyak sekali kegunaannya sebagai pemutar turbin pada pembangkit tenaga listrik. Selain itu juga air digunakan sebagai sarana pembersihan ( cleaning ) baik itu cleaning area atau alat-alat produksi yang tidak memerlukan air dengan perlakuan khusus atau cleaning dengan menggunakan air dengan kualitas dan prasyarat tertentu yang membutuhkan sterilisasi dan ketelitian yang tinggi.

Dalam hal ini pembahasan difokuskan pada air sebagai penghasil energi kalor dan sebagai penyerap energi kalor ( pendingin ) dalam industri pada umumnya.

Air keras atau air sadah ( Hard Water ) adalah air yang memiliki kandungan mineral yang tinggi ( lawan dari “air lunak”) Seperti magnesium dan kalsium. Kalsium adalah mineral yang paling umum terkait dengan kesadahan air, anda bisa mengetahui pengertian kesadahan air disini ( sumber wikipedia ).

Sementara kekerasan umumnya tidak bahaya kesehatan yang dapat menimbulkan masalah serius dalam pengaturan industri, Dimana kesadahan air dipantau untuk menghindari kerusakan mahal sebagai berikut :

  • Cooling tower atau menara pendingin adalah suatu sistem pendinginan dengan prinsip air yang disirkulasikan. Air dipakai sebagai medium pendingin, misalnya pendingin condenser, AC, diesel generator ataupun mesin-mesin lainnya
  • Boiler adalah tungku dalam berbagai bentuk dan ukuran yang digunakan untuk menghasilkan uap lewat penguapan air untuk dipakai pada pembangkit tenaga listrik lewat turbin, proses kimia, dan pemanasan dalam produksi.
  • Ataupun peralatan lainnya

Kesadahan atau hardness adalah salah satu sifat kimia yang dimiliki oleh air. Penyebab air menjadi sadah adalah karena adanya ion-ion Ca2+, Mg2+, atau dapat juga disebabkan karena adanya ion-ion lain dari polyvalent metal (logam bervalensi banyak) seperti Al, Fe, Mn, Sr dan Zn dalam bentuk garam sulfat, klorida dan bikarbonat dalam jumlah kecil.

Dalam pengaturan domestik, Air keras sering ditunjukkan oleh kurangnya pembentukan busa sabun saat tidak tenang dalam air dan dengan pembentukan limescale di dalam ceret atau pemanas air. Dimanapun kesadahan air adalah kekhawatiran, pelunakan air umumnya digunakan untuk mengurangi efek samping air sadah itu.

Pengukur Kekerasan Air

Kalsium kekerasan di kolam renang dan spa sering dapat menimbulkan masalah bagi pemilik kolam renang. Rendah kalsium kekerasan dapat menyebabkan korosi pada peralatan logam atau erosi permukaan plester dan ubin grouting. Hal ini dapat menyebabkan kebutuhan untuk resurfacing. Kalsium hasil kekerasan tinggi dalam pembentukan skala pada permukaan kolam renang serta skala dalam pipa, pipa dan filter.

Dalam kasus ekstrim air menjadi kusam dan berawan dengan kalsium mempercepat keluar ke dalam air daripada ke permukaan. Kadar kalsium tinggi juga akan berdampak perenang, menyebabkan iritasi mata pada khususnya. Meskipun kesadahan air biasanya hanya mengukur total konsentrasi kalsium dan magnesium, zat besi juga dapat hadir pada tingkat tinggi. Kehadiran besi khas menciptakan kecoklatan (karat seperti) warna kalsifikasi tersebut, bukan putih (warna sebagian besar senyawa lainnya).

Jenis Kekerasan Air :

  • Kekerasan sementara
    kekerasan sementara adalah jenis kekerasan air yang disebabkan oleh adanya mineral bikarbonat terlarut ( kalsium bikarbonat dan magnesium bikarbonat).

Namun, tidak seperti kekerasan permanen yang disebabkan oleh senyawa sulfat dan klorida, ini bersifat  “sementara” kekerasan dapat dikurangi dengan penambahan kapur (kalsium hidroksida) melalui proses pelunakan kapur pelunakan.

  • Kekerasan permanent tetap adalah kekerasan (kandungan mineral) yang tidak dapat dihapus. Ion menyebabkan kekerasan permanen air dapat dihapus dengan menggunakan water softener, atau resin penukar ion.

Total Hardness permanen = Kalsium Kekerasan + Magnesium Kekerasan
Kalsium dan magnesium kekerasan adalah konsentrasi ion kalsium dan magnesium dinyatakan sebagai setara dengan kalsium karbonat.

Cara Mengukur kekerasan Air

Kekerasan air atau air sadah dapat anda ukur melalui analisis instrumental / tes kit individual salah satu produk alat pengukur portable bisa anda lihat disini, atau melalui penggunaan strip tes khusus diformulasikan untuk membuat pengukuran ini.

Tentang Bondan Sdr

Waktu Seperti Sungai tidak bisa disentuh air yang sama untuk kedua kalinya, Maka berbuatlah kebaikan dan Kejujuran selagi waktu masih ada.

Produk Terkait

Alat Pengukur Kesadahan Air Water Hardness Tester EC915

Alat Pengukur Kesadahan Air Water Hardness Tester EC915 Instrumen Alat Pengukur Kesadahan Air EC915 merupakan pengembangan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *