Produk terpopuler
Home » Article » Metode Pengujian Kekerasan

Metode Pengujian Kekerasan

Metode Pengujian Kekerasan

Uji keras merupakan pengujian yang paling efektif karena dengan pengujian ini, kita dapat dengan mudah mengetahui gambaaran sifat mekanis suatu material. Meskipun pengukuran hanya dilakukan pada suatu titik, atau daerah tertentu saja, nilai kekerasan cukup valid untuk menyatakan kekuatan suatu material. Dengan dengan melakukan uji keras, material dapat dengan mudah di golongkan sebagai material ulet atau getas.

Hardness ( kekerasan ) dari karet adalah perlawanan dari permukaan karet terhadap penetrasi dari beban dg berat tertentu dan ujungnya berbentuk bola atau kerucut. Untuk yang berbentuk bola disebut IRHD ( International Rubber Hardness Degrees )  dan yang kerucut : Shore hardness degrees. Satuan atau unit untuk hardness adalah derajat (degrees ). dan berkisar dari 0 s/d 100.  Nul ( 0 ) absolut lembut dan 100 sangat keras.

Metode Pengujian Kekerasan

Kekerasan (Hardness) adalah salah satu sifat mekanik (Mechanical properties) dari suatu material. Kekerasan suatu material harus diketahui khususnya untuk material yang dalam penggunaanya akan mangalami pergesekan (frictional force), dalam hal ini bidang keilmuan yang berperan penting mempelajarinya adalah Ilmu Bahan Teknik (Metallurgy Engineering).

Kekerasan didefinisikan sebagai kemampuan suatu material untuk menahan beban identasi atau penetrasi (penekanan). Didunia teknik, umumnya pengujian kekerasan menggunakan 4 macam metode pengujian kekerasan, yakni :

  1. Brinnel (HB / BHN)
  2. Rockwell (HR / RHN)
  3. Vikers (HV / VHN)
  4. Micro Hardness (Namun jarang sekali dipakai-red)

A. Pengujian Kekerasan Brinell

Pengujian brinell adalah salah satu cara pengujian kekerasan yang paling banyak digunakan. Pada pengujian brinel digunakan bola baja yang dikeraskan sebagai indentor. Kekerasan Brinel zl dihitung sebagai

Brinell Scale
BHN=Luas tampak tekan

P = gaya tekan (kg)
D = diameter bola indentor [mm] d= diameter tampak tekan [mm]

B. Pengujian kekerasan Rockwell

Pada cara rockwell pengukuran langsung dilakukan oleh mesin, dan mesin langsung menunjukan angka kekerasan dari bahan yang di uji. Cara ini lebih cepat dan lebih akurat. Pada cara rockwell yang normal , permukaan logam yang di uji di tekan oleh indentor dengan gaya tekan 10 kg, beban awal (minor load Po) sehinga ujung indikator menembus permukan sedalam h.

Selama itu penekanan di teruskan dengan memberikan beban utama di lepas; hanya tinggal beban awal pada saat ini kedalaman penetrasi ujung indentor adalah Dengan cara rokwell dapat digunakan beberapa skala tergantung pada kombinasi jenis indentor dan besar beban utama yang digunakan. Macam skala dan jenis indentor serta besar beban utama dapat dilihat pada tabel berikut.

Various Rockwell scales[11]
ScaleAbbreviationLoadIndenterUse
AHRA60 kgf120° diamond coneTungsten carbide
BHRB100 kgf116-inch-diameter (1.588 mm) steel sphereAluminium, brass, and soft steels
CHRC150 kgf120° diamond coneHarder steels >B100
DHRD100 kgf120° diamond cone
EHRE100 kgf18-inch-diameter (3.175 mm) steel sphere
FHRF60 kgf116-inch-diameter (1.588 mm) steel sphere
GHRG150 kgf116-inch-diameter (1.588 mm) steel sphere
Also called a brale indenter

C. Pengujian kekerasan Vickers

Uji kekerasan rockwell ini juga didasarkan  kepada penekanan sebuah indentor dengan suatu gaya tekan tertentu kepermukaan yang rata dan bersih dari suatu logam yang diuji kekerasannya. Setelah gaya tekan dikembalikan ke gaya minor maka yang dijadikan dasar perhitungan nilai kekerasan rockwell bukanlah hasil pengukuran diameter ataupun diagonal bekas lekukan tetapi justru “dalamnya bekas lekukan yang terjadi itu”.

Inilah cara rockwell dibandingkan dengan cara pengujian kekerasan lainnya. Angka kekerasan vickers dihitung dengan :

  • HV = {2P sin (α/2)}/d² = 1,854 P/d²
  • Dimana : P = gaya tekan (kg)
  • D = diagonal tampak tekan rata rata (mm)
  • α = sudut puncak indentor = 136®

Hasil pengujian kekerasan vickers ini tidak tergantung pada besarnya gaya tekan (tidak seperti pada Brinell), dengan gaya tekan yang berbeda akan menunjukan hasil yang sama untuk bahan yang sama. dengan demikian juga Vickers dapat mengukur kekerasan bahan mulai dari yang sangat lunak (5HV) sampai yang amat keras (1500 HV) tanpa perlu menganti gaya tekan.

D. Kekerasan Mayer

Mayer mengukur kekerasan dengan cara yang hampir sama seperti brinell juga menentukan indentor bola hanya saja angka kekerasannya tidak dihitung dengan luas permukaan tampak tekan, tetapi dihitung dengan luas proyeksi tampak tekan. Angka kekerasan mayer:

  • P = 4P/(πd²)
  • Dimana : p = gaya tekan (kg)
  • D = diameter tampak tekan (mm)

Dengan cara ini pengukuran tidak lagi terpengaruh oleh besarnya gaya tekan yang digunakan untuk menekan indentor ( jadi tidak seperti brinell). Hasilnya akan sama walaupun pengukuran dilakukan dengan gaya tekan berbeda.

E. Microhardness test

Pada mikro vicker, indentor yang di gunakan juga sama seperti pada vickers biasa, juga cara perhitungan angka kekerasannya, hanya saja gaya tekan yang di gunakan kecil sekali , 1 sampai 1000 garam  dan panjang diagonal indentasi diukur dalam mikron.

Angka kekerasan knoop dihitung sebagai berikut :

  • HK = 14,229 P/ l
  • Diman : P = gaya tekan (kg)
  • l = panjang diagonal tamapk tekan yang panjang (micron)

mengingat bentuk indentornya maka knoopakan menghasilkan indentitas yang sangat dangkal (dibandingkan dengan vickers), sehingga sangat cocok untuk pengujian kekerasan pada lapisan yang sangat tipis.

Pemilihan masing-masing skala (metode pengujian) tergantung pada :

  1. Permukaan material
  2. Jenis dan dimensi material
  3. Jenis data yang diinginkan
  4. Ketersedian alat uji

( Artikel diambil dari berbagai sumber diantaranya Wikipedia )

About Bondan Sdr

Waktu Seperti Sungai tidak bisa disentuh air yang sama untuk kedua kalinya, Maka berbuatlah kebaikan dan Kejujuran selagi waktu masih ada.

Produk Terkait

Alat Ukur Do Meter dan BOD Meter HI98193

Alat Uji Kualitas Air BOD Meter & DO Meter HI98193

Alat Uji Kualitas Air BOD Meter & DO Meter HI98193 Alat Uji Kualitas Air BOD …

Permintaan Penawaran

Permintaan Harga

Permintaan Harga

Permintaan Penawaran harga, Akan kami proses sesuai dengan kebutuhan produk yang dikehendaki merujuk ke type/merk produk tersebut, Apabila belum ada kecocokan dari spesifikasi / kebutuhan yang diminta silahkan hubungi kami terlebih dahulu

Nama Anda (wajib)

Email (wajib)

Nomor handphone (wajib)

Nama Perusahaan (Kosongkan Jika Perorangan)

Website (Kosongkan Jika tidak ada)

Kota

Provinsi

Alamat Jalan

Pesan Anda


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *