Produk terpopuler
Home » Article » Siapa yang tidak tahu madu lebah

Siapa yang tidak tahu madu lebah

Siapa yang tidak tahu madu lebah

Semuanya tahu bahwa madu mempunyai khasiat yang banyak untuk kesehatan manusia. Madu merupakan cairan yang menyerupai sirup namun madu lebih kental dan berasa manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Untuk menjadikan kehidupan ini agar menjadi indah, menyenangkan, dan sejahtera salah satunya adalah memberikan manfaat bagi lainnya. Sama halnya dengan lebah madu yang mempunyai nilai positif dalam melakukan tugasnya, Lebih dari 2000 spesies jenis lebah madu, dari informasi yang kami terima dan diketahui adalah Apis dorsata, Apis Laboriosa, Apis Mellifera, Apis Florea, Apis Andreniformis, Apis Cerana dan Apis Koschevnikovi, Apis Nigrocincta, Apis Nuluensis.

Madu-Lebah

Layaknya manusia pada instasi perusahaan dengan kumpulan skill dalam masing-masing bidangnya yang bedanya lebah menghasilkan madu dan kita menghasilkan uang .. ( hehehe .. ). Seringkali kita melihat lebah madu hidup yang selalu berkoloni berkisar 60-70 ribu sama halnya seperti Partai Politik. Adanya pemimpin dan para caleg-calegnya, Kerapian dan perencanaan dalam melakukan pekerjaan bisa mencontoh pada lebah madu tersebut. Didalam koloni sarang lebah madu terdapat :

  • Ratu lebah (Queen Bee)
  • Lebah jantan (Drones)
  • Lebah Pekerja :
    • Lebah perawat (Nurse Bees)
    • Lebah pencari (Scout Bees)
    • Lebah pengumpul (Collector Bees)

Ratu Lebah

Seringkali disebut pemimpin dalam rakyat lebah bertugas memimpin dan menjaga keharmonis lebah dalam satu koloni. Semua lebah dalam satu koloni akan sangat mentaati ratu lebah, kemanapun ratu lebah pergi maka satu koloni lebah akan mengikutinya. Selain memimpin koloni lebah, ratu lebah mempunyai tanggung jawab untuk meneruskan kelangsungan hidup koloni lebah yaitu dengan cara bertelur sepanjang hidupnya. Ratu lebah sanggup bertelur 1500-2000 butir setiap harinya.

Lebah Pekerja

Tugas Lebah pekerja mempunyai tanggung jawab pekerjaan yang berbeda-beda sesuai dengan umur lebah pekerja tersebut.

  • umur 3-10 hari menghasilkan royal Jelly
  • Umur 3 Minggu mencari nectar bunga yang akan diolah menjadi madu dan tepung sari bunga yang diolah menjadi bee pollen.

membayangkan tugas yang mereka emban sangatlah sibuk Lebah terbang mencari pollen dan madu dengan menghinggapi beribu-ribu bunga yang sedang merekah diperkirakan 75.000 kali atau 4-6 kali keliling bumi dari jarak tempuh sarang biasanya berkisar 3 KM.

Lebah Perawat [ Nurse Bee ]

Lebah perawat adalah lebah pekerja yang khusus merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly, serta memberi makan sang ratu dengan royal jelly, bee pollen dan madu.

Lebah Pencari ( Scouts Bees )

Lebah pencari adalah lebah pekerja yang mencari sumber-sumber pollen, nektar dan propolis. Ketika mereka menemukan sumber makanan yang terbaik, mereka akan kembali ke sarang dan menginformasikannya kepada lebah pengumpul. Kemudian, lebah pengumpul pergi untuk mengumpulkan makanan tersebut.

Lebah Pengumpul ( Collector Bees )

Ketika mengumpulkan pollen dari bunga-bunga, lebah pengumpul hanya akan mengunjungi tipe bunga yang sama hingga semua pollen habis terkumpul. Pada saat lebah mengumpulkan pollen, ia juga mencampurkannya dengan sedikit madu dari mulutnya dan kemudian membentuk gumpalan pollen yang akan disimpan dalam kantong yang terdapat di kaki lebah.

Lebah Jantan [ Drones ]

Fungsi utama lebah jantan adalah mengawini Ratu Lebah serta menjaga sarang dan tugas ringan lainnya, Setelah membuahi sang ratu, lebah jantan ini kemudian mati.

Tentang Bondan Sdr

Waktu Seperti Sungai tidak bisa disentuh air yang sama untuk kedua kalinya, Maka berbuatlah kebaikan dan Kejujuran selagi waktu masih ada.

Produk Terkait

Alat Pengukur Kesadahan Air Water Hardness Tester EC915

Alat Pengukur Kesadahan Air Water Hardness Tester EC915 Instrumen Alat Pengukur Kesadahan Air EC915 merupakan pengembangan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *