Produk terpopuler
Home » Article » Gelombang Ultrasonic Sensor dan Infrasonic

Gelombang Ultrasonic Sensor dan Infrasonic

Gelombang Ultrasonic Sensor dan Infrasonic

Gelombang adalah getaran yang merambat. Gelombang ultrasonik dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti dalam bidang kedokteran di antaranya untuk mendeteksi bagian dalam organ tubuh. Dalam bidang industri, gelombang ultrasonik digunakan untuk mengetahui keretakan suatu material dari logam, dan gelombang ultrasonik juga dapat dipakai untuk mengukur kedalaman laut. Gelombang ultrasonik dapat dimanfaatkan karena memiliki sifat yang dapat dipantulkan. Oleh karena frekuensinya tinggi, gelombang ultrasonic tidak banyak mengalami gangguan oleh medium perantaranya sehingga yang terbawa oleh gelombang tersebut setelah mengalami pemantulan masih tetap besar.

Gelombang Ultrasonic

Ultrasonic-SensorHanya beberapa hewan, seperti lumba-lumba menggunakannya untuk komunikasi, sedangkan kelelawar menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi. Ultrasonic merupakan suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh telinga manusia, yaitu kira-kira di atas 20 kiloHertz. Dalam hal ini, gelombang ultrasonik merupakan gelombang ultra (di atas) frekuensi gelombang suara (sonik).

Gelombang ultrasonik dapat merambat dalam medium padat, cair dan gas. Reflektivitas dari gelombang ultrasonik ini di permukaan cairan hampir sama dengan permukaan padat, tapi pada tekstil dan busa, maka jenis gelombang ini akan diserap.

Sistem deteksi yang digunakan dalam Ultrasonic Test adalah Getaran dengan  frekuensi tinggi. Ultrasonic Test dapat menentukan kedalaman , letak dan besarnya cacat. Di dalam pengujian Ultrasonic Test di butuhkan juga perlengkapan lainnya seperti probe sebagai sumber getaran untuk mendeteksi cacat bahan. Kemudian dibutuhkan pula Couplant yaitu Liquid untuk Pelapis antara probe dengan benda uji .

Prinsip kerja dari Ultrasonic Test adalah dengan menembakkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi sekitar 0.25 sampai 10 Mhz pada material melalui jalur yang bisa diprediksi. Gelombang suara yang ditembakkan akan merambat melalui material dan akan dipantulkan apabila mengenai sisi lain material atau cacat yang ada di dalam material.

Pantulan yang terjadi merupakan pantulan acak, bergantung pada bidang yang dikenai. Apabila gelombang suara mengenai bidang yang tegak lurus dengan arah datang gelombang, maka gelombang tersebut akan dipantulkan kembali ke sumber gelombang. Jarak cacat atau bidang tersebut diprediksi melalui waktu yang dibutuhkan mulai dari gelombang tersebut dikirimkan hingga diterima kembali.

Macam macam Ultrasonic Tester adalah sebagai berikut :

Instruments Ultrasonic Thikness Meter digunakan untuk mengetahui ketebalan material yang diukur. Pada UT jenis ini data yang ditampilkan pada alat merupakan data digital berupa angka ketebalan dari metari yang diuji.
UT Flaw Detector (F.D.) adalah instrumen untuk pengujian bahan yang digunakan untuk mendeteksi cacat yang ada di dalam material uji. Jenis cacat yang bisa dideteksi oleh UT ini antara lain adalah crack, incomplete fusion, incomplete penetration (kecuali yang dekat dengan permukaan material), slag, dan porosity. Data yang ditampilkan oleh alat UT F.D. berupa pulsa.

Gelombang infrasonic

Infrasonic adalah suara dengan frekuensi terlalu rendah yang dapat didengar oleh telinga manusia. Infrasonik berada dalam rentang 17 Hertz sampai 0,001 Hertz. Rentang frekuensi ini, merupakan sama dengan yang digunakan oleh seismometer untuk mendeteksi gempa bumi. Gelombang infrasonic bercirikan dapat menjangkau jarak yang jauh dan dapat melewati halangan tanpa kehilangan kekuatannya atau relatif kecil. Gelombang infrasonic pertama kali yang diamati kemungkinan adalah ketika gunung Krakatau meletus menghasilkan gelombang atau getaran yang mengelilingi bumi sedikitnya 7 kali dan tercatat di berbagai stasiun di seluruh dunia.

Salah satu perintis penelitian infrasonik adalah ilmuwan Perancis Vladimir Gavreau (lahir di Rusia dengan nama Vladimir Gavronsky). Ketertarikannya dalam infrasonik awalnya bermula pada tahun 1960 ketika ia dan asistennya menderita sakit pada gendang telinga serta peralatan laboratorium yang bergetar tetapi tidak ada suara yang ditangkap oleh mikroponnya. Kemudian Ia menyimpulkan bahwa itu disebabkan oleh infrasonik.

Tentang Bondan Sdr

Waktu Seperti Sungai tidak bisa disentuh air yang sama untuk kedua kalinya, Maka berbuatlah kebaikan dan Kejujuran selagi waktu masih ada.

Produk Terkait

Alat Pengukur Kesadahan Air Water Hardness Tester EC915

Alat Pengukur Kesadahan Air Water Hardness Tester EC915 Instrumen Alat Pengukur Kesadahan Air EC915 merupakan pengembangan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *