Informasi Penting
Home » Artikel » Pengertian Ukur dan Uji Dari Sektor Lingkungan, Industri, Pertanian, Perikanan dsb

Pengertian Ukur dan Uji Dari Sektor Lingkungan, Industri, Pertanian, Perikanan dsb

Pengertian Ukur dan Uji Dari Sektor Lingkungan, Industri, Pertanian, Perikanan dsb

Banyak yang mempertanyakan dari end user kami tentang produk alat apa bedanya Ukur dan Uji, Hampir semua sektor aktifitas memperlukan keduanya. Yang pertama adalah Uji atau yang umumnya dari alat adalah parameter Uji, yang memerlukan Prosedur Tetap ( PROTAP ) bertujuan untuk menghasilkan Validasi Metode Analisa ( VMA ).

VMA pada umumnya ada 4 jenis yaitu :

  • Uji identifikasi;
  • Uji kuantitatif kandungan impuritas (impurity);
  • Uji batas impuritas; dan
  • Uji kuantitatif zat aktif dalam sampel bahan aktif obat atau obat atau komponen tertentu dalam obat.

Note : Metode analisis lain, seperti uji disolusi untuk obat atau penentuan ukuran partikel untuk bahan aktif obat, hendaklah juga divalidasi.

Cara pengecekan atau pemeriksaan pengujian dengan benar serta hasil yang terpercaya yaitu menggunakan parameter uji antara lain ;

  • Akurasi (Accuracy);
  • Presisi (precision);
  • Ripitabilitas (repeatibilty);
  • Presisi antara (intermediate precision);
  • Reprodusibilitas/keterulangan (reproducibility)
  • Spesivisitas (specify)/Selektifitas (selectivity);
  • Batas deteksi (limit of detection/LOD);
  • Batas kuantitasi (limit of quantitation/LOQ);
  • Linearitas (Linearity); dan
  • Rentang (range).

Sebelumnya sudah kami ulas pada artikel, Baca juga ; Semua istilah Penting dalam Pengukuran.

Memperhitungan type Sample

Perencanaan pengambilan sampel untuk pengujian harus mempertimbangkan bagaimana sampel akan diambil sehingga dapat mewakili kondisi yang ada pada saat pengambilan sampel dilakukan. Karena itu, volume sampel yang diambil, tanggal, waktu, lokasi dan titik pengambilan sampel serta kondisi lingkungan harus direkam sebagai data objektif yang dapat digunakan untuk bahan interpretasi hasil pengujian.

Pengertian Alat Ukur

Dalam mengukur merupakan ada hasil data sewaktu pengujian, Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan pengukuran. Pengukuran tidak hanya terbatas pada kuantitas fisik, tetapi juga dapat diperluas untuk mengukur hampir semua benda yang bisa dibayangkan, seperti tingkat ketidakpastian, atau kepercayaan konsumen, misalnya panjang 1m atau massa 1 kg dan sebagainya, Secara umum sistem pengukuran dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu

1. Tahap detektor – transduser
2. Tahap intermediat, pengkondisian sinyal
3. Tahap pembacaan

Dalam hal pengukuran sangat dekat dengan hubungan tolak ukur, parameter dan penilaian. Tolak ukur atau standard adalah sesuatu yang digunakan sebagai patokan atau batas minimal untuk sesuatu yang diukur. Kriteria atau standar dapat disamakan dengan “takaran”. Jika untuk mengetahui kadar air gabah atau beras digunakan moisture meter, alat ukur kualitas air yang digunakan adalah water test kit maka, kriteria atau tolak ukur digunakan untuk menakar kondisi objek yang dinilai.

Sedangkan Parameter dapat diartikan sebagai suatu nilai atau kondisi yang dijadikan sebagai tolak ukur terhadap nilai atau kondisi yang lainnya. Parameter ini dianggap sebagai nilai atau kondisi yang diharapkan. Suatu parameter adalah kuantitas terukur yang inheren dalam suatu masalah. Syarat ketercapaian tujuan. Artinya, parameter yang terwujudkan mengindikasikan ketercapaian tujuan.

Yang terakhir adalah penilaian adalah kegiatan menentukan nilai suatu objek, seperti baik-buruk, efektif-tidak efektif, berhasil-tidak berhasil, dan semacamnya sesuai dengan kriteria atau tolak ukur yang telah ditetapkan sebelumnya. Biasanya penilaian tersebut akan dilakukan oleh lembaga yang tervalidasi contohnya Badan Metrologi ataupun sudah ada sertifikasi kalibrasi sebagai penentu / acuan pada alat ukur tersebut.

Sumber : google.com serta teknisi indo digital

Tentang Bondan Sdr

Waktu Seperti Sungai tidak bisa disentuh air yang sama untuk kedua kalinya, Maka berbuatlah kebaikan dan Kejujuran selagi waktu masih ada.

Permintaan Penawaran

Segera lakukan permintaan penawaran sekarang juga untuk mendapatkan harga khusus!

Nama Anda (wajib)

Email (wajib)

Nomor handphone (wajib)

Pesan Anda / Produk yang diminta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *